Jumat, 15 September 2017

Belajar Cinta

Cinta itu indah ya...

Nih...ada sedikit Ulasan tentang Cinta
Cinta yang pakai adab lho..
Cinta karena Allah..

Tanpa adab seseorang akan kehilangan keutamaan dari Allah subhana wa ta'ala.

Dinyatakan oleh ahli Cinta ada 5 hal yang menyebabkan cinta :

1.Adanya yang diCintai
2.Adanya hubungan antara kekasih dan yang dikasihinya
3.Adanya kecantikan
4.Adanya kesempurnaan
5.Adanya kebaikan


Dan menjadi kaidah bagi setiap pengarang, jika ada orang yang betul-betul memperhatikan tulisannya, berarti ia pun memperhatikan dan mencintai pengarang itu sehingga pengarang itupun akan memperhatikannya.
'Cinta akan mengajarimu bagaimana Adab berCinta'

Bagi orang yang telah merasakan Cinta tentu mengetahui nilai surat Cinta.Tulisan atau ucapannya yang terasa didalam hati.Perasaan dan gelora Cinta yang ada pada saat itu tidak mungkin dapat dilukiskan dengan rumusan dan kata-kata.

Seindah apapun surat seseorang yang kita cintai hingga membuat kita mabuk cinta,kita akan bosan setelah membacanya sepuluh kali. Jika tidak,mungkin pada kali yang kedua puluh atau pada kali yang ke lima puluh.Bagaimanapun juga pasti ia akan bosan.

Dan setiap sesuatu yang selalu ada didekat kita akan menumbuhkan kecintaan kita terhadapnya.

Jika seseorang mencintai sesuatu,ia tentu bersedia meninggalkan segalanya demi memperoleh yang diCintainya.Inilah maksud Cinta yang sebenarnya.Jika tidak Cinta itu hanya omong kosong belaka.

Sudah menjadi kaidah dalam bercinta bahwa kita akan mencintai segala sesuatu yang berhubungan dengan yang kita cintai.Jika kita mencintai seseorang kita akan mencintai rumahnya,temboknya,lantainya,temannya,sampai hewan peliharaannya.

Cinta kepada yang satu menimbulkan cinta kepada yang lainnya
Cintailah yang paling menunjang terwujudnya keta'atan dan kepatuhan.

'Sesungguhnya orang yang mencintai akan mentaati yang dicintainya.Ketidakta'atan pada kekasih akan terasa berat sebagaimana sangat sulit baginya mena'ati seseorang yang tidak mencintainya.
Cara untuk menumbuhkan cinta adalah dengan membayangkan keindahan dan kecantikannya.baik keindahan jasmani atau rohaninya.Jika dengan melihat wajah saja seseorang akan jatuh Cinta pada saat itu juga maka suara merdu pun terkadang dapat menyebabkan jatuh Cinta.Bagaikan kekuatan magnet.

'Keasyikan Cinta tidak datang hanya dengan memandang,Cinta dicapai dengan kata-kata yang mengasyikkan'

Cinta tidak selalu datang dengan kecantikan wajah, kadangkala timbul dari ucapan yang berharga.Ahli-ahli seni cinta menyatakan bahwa agar timbul rasa Cinta kepada seseorang, hendaklah selalu memikirkan segala kebaikan orang itu.Sehingga hatinya tidak memberi tempat kepada yang lain, Sebagaimana dalam cinta alami yang datang tanpa diusahakan.

Seseorang yang menanam benih diladang lalu ia tidak memperdulikan pengairannya,maka tanaman itu tidak akan tumbuh.Demikian pula jika tanpa sengaja seseorang jatuh cinta, tetapi ia tidak memperdulikannya, jika tidak sekarang esok cinta itu akan lenyap.Sebaliknya jika ia selalu memperhatikannya,memperhatikan, membayangkan bentuk, gerak dan ucapannya maka cintanya akan bertambah.

Siapapun yang menCintai orang lain ia akan meniru tingkah laku orang yang diCintainya.Orang yang telah merasakan manisnya cinta tentu memahami hakikat ini dengan baik.

Cinta itu akan mengajarimu bagaimana adab-adab dalam percintaan.

Sumber : Kitab Fadhail 'Amal , karangan Maulana muhammad  Zakariyya Al kandhalawi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laila majnun

   Sumber     https://tausyah.wordpress.com/Majnun-Laila Majnun (Qais) dan Laila Tentu Antum/Anti sudah pernah mendengar maupun membaca kisa...